Pages

Saturday, March 15, 2014

Sejarah Umum Musik di Zaman Barok (1600-1750) Part 1

Barok dimulai pada tahun 1600-1750. Tahun 1750 diambil dari tahun kematian di mana seorang komposer yang sangat berpengaruh pada zaman itu yaitu Johann Sebastian Bach. Tahun 1750 diambil dengan alasan, musik dengan gaya barok sudah mulai banyak berubah semenjak kematian sang komposer yang terkenal tersebut. Barok diambil dari kata Baroque/Barucco (Perancis) yang diartikan sebagai miring, lonjong dan menyimpang.

Kata barok menunjuk kepada sesuatu hal yang berhubungan dengan negatif, berlebihan, sebagai contoh dalam seni di ornamen pada gereja katolik Vatican. Gereja Vatican termasuk dalam gaya barok yang menampilkan ornamen yang berlebihan dan tidak memiliki fungsi. Berbeda dengan bentuk gereja di zaman Renaisans, gaya ornamen yang dimiliki pada zaman Renaisans menunjuk "kalem" dan tidak berlebihan.

Perang 30 tahun, perang yang berisi tentang perselisihan antara agama protestan dan katolik. Perang yang dianggap brutal tersebut ternyata memberikan dampak juga terhadap musik di zaman itu. Protestan dan Katolik yang sudah lelah melakukan peperangan dengan cara brutal mulai masuk peperangan dalam bidang seni. Musik yang dibawa oleh agama protestan adalah musik yang melanjutkan dari gaya yang ada pada zaman Renaisans, berbeda dengan yang dilakukan oleh agama katolik. Di saat itu Katolik membentuk musik dengan gaya yang baru dengan melakukan banyak perubahan, mereka membuat musik lebih ekspresif. Hal tersebut menjadikan musik yang dibawa oleh agama Katolik menjadi lebih dominan dibanding dengan yang dibawakan oleh agama protestan.

1 comment:

  1. Kayaknya menarik nih untuk mendiskusikan soal ekspresivitas musik protestan dan katolik di jaman barok ini. bisa elaborate lebih soalnya, melihat handel dan bach karya-karyanya terutama bach kadang bisa tergolong ekspresif. sedang musik gereja katolik sering masuk ke background.

    ada lanjutan?

    ReplyDelete