Pages

Wednesday, November 27, 2013

Different Wood Different Sounds (Latar Belakang Penulisan)

Different Wood Different Sounds

Violin atau yang kita lebih kenal dengan sebutan Biola dalam bahasa Indonesia adalah salah satu dari alat musik khas dari Eropa. Biola termasuk dalam alat musik berdawai yang teridiri dari 4 senar dan dimainkan dengan cara digesek menggunakan busur.

Alat musik ini sudah tidak asing lagi di Indonesia. Beberapa jenis musik di Indonesia sudah menggunakan alat musik ini untuk komposisi lagu-lagu tersebut bahkan pada musik-musik daerah di Indonesia. Karena perkembangan alat musik ini di Indonesia, maka Indonesia mulai membuat alat musik tersebut.

Tetapi sangat disayangkan, karena sebagian besar pembuatan alat musik tersebut mereka tidak melewati pendidikan yang dikhususkan untuk membuat alat musik. Karena tidak ada tempat belajar yang memberikan pengajaran khusus untuk pembuatan instrument. Dengan kreatif mereka membuat alat musik tersebut menggunakan pengetahuan yang sekedarnya dan dalam proses otodidak.

Dengan alasan ekonomis para pembuat biola di Indonesia mengesampingkan jenis kayu yang seharusnya digunakan untuk membuat biola yang membuat suara yang dikeluarkan oleh biola menjadi sangat tipis.  Karena jenis kayu yang digunakan dalam pembuatan biola sangat berpengaruh penting dengan suara yang dihasilkan. Bahkan tidak hanya jenis kayu, umur pada jenis kayu pun sangat mempengaruhi kualitas dari suara tersebut.

Sering kita temui biola-biola dijual di toko buku. Biola tersebut juga memiliki kesamaan dengan biola buatan Indonesia yang mengesampingkan suara yang dihasilkan ditambah lagi tidak seharusnya biola dibuat dengan cara pabrikan (masal).

Dan dalam penulisan saya kali ini, saya akan membahas pentingnya pemilihan kayu dalam pembuatan alat musik tersebut. Sesuai dengan judul yang saya berikan “Different Wood Different Sounds” yang memberikan gambaran secara jelas dalam jenis kayu yang sangat memberikan efek berbeda dalam suara yang dihasilkan oleh biola tersebut. Dan jenis kayu yang tepat dalam pembuatan biola.

0 comments:

Post a Comment